You are currently viewing Takjil Buka Puasa Sederhana Khas Aceh

Takjil Buka Puasa Sederhana Khas Aceh

Saat sedang berpuasa, biasanya kita menginginkan menu berbuka yang enak. Biasanya, menu berbuka juga didominasi oleh makanan manis. Di Aceh sendiri, ada beberapa menu makanan yang jarang didapatkan di hari biasa namun sangat mudah didapatkan saat bulan suci Ramadhan. Walaupun sederhana, makanan yang banyak didapat saat bulan ramadhan tersebut menjadi istimewa. Jika kamu menginginkan takjil buka puasa sederhana khas Aceh, kamu bisa simak artikel ini sampai habis. 

  • Bubur Kanji Rumbi. 

Di aceh, bubur kanji rumbi ini sangat populer di bulan Ramadhan. Padahal di hari-hari biasa, walaupun ada tapi jarang ada yang menjual bubur kanji rumbi ini. Bubur kanji rumbi ini merupakan bubur khas Aceh yang bisa menjadi menu takjil buka puasa sederhana. Selain karena proses pembuatannya tidak sulit, rasa maupun aroma yang kamu dapatkan saat menyantap bubur kanji sangatlah nikmat.

Di aceh sendiri, bubur kanji biasanya disediakan di Masjid. Warga sekitar boleh berbuka di masjid maupun membawa pulang bubur kanji yang disediakan. Nah, untuk kamu yang tidak berada di Aceh jangan khawatir. Karena kamu bisa mengolahnya sendiri di rumah. Kamu hanya perlu menyiapkan nasi, kemudian beberapa rempah-rempah seperti cengkeh, serai, pandan, kemangi dan pala. Tak ketinggalan bubuk kunyit dan garam secukupnya. Untuk membuat bubur lebih nikmat, dalam bubur kanji rumbi ada suwiran ayam dan juga udang. 

  • Mie Caluk

Mie caluk merupakan salah satu mie populer yang bisa kita temukan di sepanjang jalan dimana banyak pedagang-pedagang baru yang menjejerkan makanan khas untuk berbuka di bulan ramadhan. Untuk membuat Mie caluk sangatlah sederhana, sehingga untuk kamu yang ingin membuat takjil buka puasa sederhana khas Aceh, kamu bisa mencoba membuat Mie Caluk.  Mie caluk sendiri terbuat dari mie lidi yang direbus. Dilihat-lihat hampir mirip spaghetti. Mie caluk yang sudah direbus dinikmati dengan aneka sayur seperti daun ubi, dan beberapa bahan pecal lainnya.  

Itu dia menu Takjil Buka Puasa Sederhana Khas Aceh yang bisa kamu coba olah dirumah. Jika kamu suka dengan makanan-makanan Aceh, kamu bisa menikmati sajian makanan Aceh di Warung Aceh Jame, google maps

Jl. Duren Tiga Raya No.17, RW.7, Pancoran, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan.

Ajak teman-teman kamu bukber di Warung Aceh Jame juga, yuk!

 

Leave a Reply