You are currently viewing Sejarah Mie Aceh dan Cara Pembuatannya

Sejarah Mie Aceh dan Cara Pembuatannya

Warung Mie Aceh semakin mudah ditemukan disekitar kita. Ini menjadi pertanda bahwa makanan nusantara ini menjadi lebih populer dikalangan masyarakat. Tapi, belum banyak yang tahu bagaimana sejarah mie aceh yang sebenarnya. Oleh karena itu, Warung Aceh Jame akan berbagi informasi tentang Sejarah Mie Aceh dan Cara Pembuatannya.

Mie Aceh adalah salah satu kekayaan kuliner nusantara. Diolah dari mie kuning tebal yang dibumbui dengan rempah-rempah dengan cita rasa yang khas Aceh. Mie yang lezat ini juga sering dihidangkan dengan olahan kepiting, daging sapi, udang, hingga daging rusa. Buat kamu yang ingin merasakan rasa mie aceh yang otentik, yuk langsung kunjungi Warung Aceh Jame di alamat berikut ini:

Jl. Duren Tiga Raya No.66, RT.001, RW.001,    Pancoran, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12780

atau kamu juga bisa menggunakan arahan google maps ke warung mie aceh yang enak berikut ini:

Sejarah Mie Aceh

Jika kita melihat sisi sejarahnya, Makanan khas aceh ini tidak terlepas dari proses masuknya Islam ke Nusantara yang dibawa oleh para pedagang dari Gujarat, India. Para pedagang ini kemudian berasimilasi dengan penduduk lokal, yang selain menyebarkan agama Islam juga membawa cita rasa baru dalam masakan.

Kuah kental kari dan pedas dari mie aceh ini tidak terlepas dari pengaruh para pendatang dari India. Lain halnya dengan Mie, Kerajaan Aceh yang berjaya pada masa lalu juga menjalin hubungan dengan berbagai negeri di dunia. Salah satunya adalah negeri China.

Mie kenyal yang nikmat juga mendapat pengaruh dari China. Selain itu, Mie Aceh juga sering dihidangkan dengan seafood, daging, dll. Memang, letak geografis Aceh yang dikelilingi laut juga memberikan bahan makanan yang melimpah untuk diolah. Kombinasi bumbu kuah pedas dengan mie kuning kenyal dan tebal ini menghasilkan rasa yang lezat yang bikin ketagihan bagi lidah kita semua.

Dengan perkembangan zaman, banyak orang-orang Aceh yang mulai merantau ke seantero dunia. Terkhusus ke Malaysia, dan ke berbagai provinsi yang tersebar di Indonesia. Fenomena ini juga yang membuat kekayaan kuliner Aceh ini tersebar seiring waktu. Terbukti, hampir kemanapun kita bepergian, sangat sering kita menemukan warung mie aceh.

Cara Pembuatan Mie Aceh

Untuk cara pembuatan mie aceh sudah kami bahas secara lengkap beserta bahan-bahan yang diperlukan. Untuk membacanya, silahkan kunjungi link berikut ini:

Cara Membuat Mie Aceh dan Bahannya

Demikian informasi tentang Sejarah Mie Aceh, semoga dapat menambah pengetahuan kita semua. Sampai jumpa di Warung Aceh Jame. Ditunggu!

Leave a Reply