You are currently viewing Masjid Raya Baiturrahman, Indah dan Penuh Sejarah

Masjid Raya Baiturrahman, Indah dan Penuh Sejarah

Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu Masjid yang wajib kamu kunjungi jika kamu bepergian ke Aceh. Masjid yang terletak di pusat kota Banda Aceh ini tidak hanya indah namun merupakan sebuah simbol keagamaan, budaya, semangat bahkan nasionalisme rakyat Aceh itu sendiri. Banyak yang mulai mengenal Masjid Baiturrahman karena peristiwa Tsunami. Hal itu dikarenakan, Masjid tetap berdiri kokoh walau diterjang tsunami yang dahsyat. Ketika bangunan di sekitar hancur rata. Walau ada beberapa keretakan namun tidak parah, Masjid saat itu dialihfungsikan sebagai penampungan orang-orang terlantar saat peristiwa Tsunami terjadi. 

Masjid Raya Baiturrahman, Indah dan Penuh Sejarah

Pada dasarnya, Masjid Raya Baiturrahman dibangun pada tahun 1612. Saat itu pemerintahan Aceh dibawah Sultan Iskandar Muda. Namun, ada sumber lainnya yang menyatakan kehadiran Masjid Baiturrahman sudah ada tahun 1292 di bawah Sultan Alaidin Mahmudsyah. Masjid ini dulunya juga sebagai benteng pertempuran rakyat Aceh. 

Baca Juga : Wisata Takengon Terbaru 2022

Dulunya, Masjid Raya Baiturrahman hanya memiliki satu kubah saja, dan satu menara. Lalu ada penambahan sedikit demi sedikit pada tahun 1935, 1958 dan juga 1982. Sekarang, totalnya ada 7 kubah dan 8 menara. Kini sedikit demi sedikit, Masjid diperbaiki, dan dipoles. Sehingga tampak lebih indah. Di halamannya, kini telah dibangun 12 payung besar yang bisa memberikan pengunjung kesempatan untuk duduk di bawahnya, yang mana seluruh lantai bagian luar masjid sudah diganti dengan lantai marmer yang dulu hanyalah rumput hijau. Lalu di tengah-tengah, ada kolam besar. 

Karenanya, jika kamu beribadah disana, Kamu bisa beribadah dengan nyaman karena ruangan dalam masjid besar, nyaman dan bersih. Masjid juga dikelola secara profesional. Imam-imam di Masjid Raya Baiturrahman adalah para Hafidzh. Ada juga berbagai aktivitas keagamaan. Sehingga tidak hanya sebagai objek wisata. Lalu, kamu juga bisa dengan mudah menuju Masjid  Baiturrahman karena lokasinya juga sangat strategis. 

Jangan lupa, saat mengunjungi Masjid untuk menggunakan pakaian yang sopan. Menjaga diri untuk tidak melakukan hal yang tidak baik. Menjaga ketertiban, berlaku sopan, dan mengikuti tata tertib Masjid. Selalu ingat untuk menjaga kebersihan, tidak merusak fasilitas, dan menjaga barang bawaan masing-masing. Semoga sahabat Warung Aceh Jame mendapat banyak memori indah saat mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman.

Leave a Reply