You are currently viewing 5 Makanan Khas Aceh Yang Paling Terkenal

5 Makanan Khas Aceh Yang Paling Terkenal

Makanan Khas Aceh memiliki daya tariknya sendiri. Sehingga, tidak hanya orang Aceh saja yang suka menikmati sajian masakan Aceh. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan 5 Makanan Khas Aceh yang Paling terkenal. kamu juga akan menemukan alasan mengapa cita rasa dari makanan tersebut sangat otentik.

Makanan Khas Aceh terkenal dengan rempah-rempahnya. Dalam buku Sajian Sedap Kuliner Daerah Aceh yang ditulis oleh Fitri Hanan Jamlaullail, beliau menjelaskan bahwa keunikan makanan khas Aceh ada pada bumbu serta rempah rempahnya yang mendapat pengaruh pada India dan juga Timur Tengah. 

 

Makanan Khas Aceh Yang Paling Terkenal

Karenanya, tidak heran banyak makanan khas Aceh yang berlemak dan juga memiliki cita rasa yang pedas. Seperti salah satunya Mie Aceh, yang sudah dikenal oleh seantero negri. Selain Mie Aceh, ada Makanan Khas Aceh Paling Populer lainnya yang enak disantap.  Berikut 5 Makanan Khas Aceh yang Paling Terkenal :

 

1. Mie Aceh

Mie aceh merupakan makanan khas Aceh yang menjadi salah satu ikon dari Aceh itu sendiri. Disajikan dalam bentuk tumis, kuah maupun goreng. Mie Aceh merupakan ciri masakan Aceh yang memiliki cita rasa mie aceh yang kaya rempah terasa sedap apalagi jika menggunakan topping seperti udang, daging sapi, kepiting maupun daging kambing. Mie aceh enak disantap dengan menggunakan pelengkap acar serta emping.

 

2. Ayam Tangkap Makanan Khas Aceh

Ayam tangkap merupakan kuliner Aceh Besar yang nikmat dan harum. Disebut ayam tangkap karna ada potongan ayam di antara daun-daun kari dan juga daun pandan yang digoreng. Bedanya dengan ayam biasa, sebelum menggoreng ayam, terlebih dulu yang digoreng cabai hijau, daun pandan, daun salam koja dan daun kunyit bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris tipis-tipis.

Saat semua bahan sudah garing, bahan-bahan tersebut dikeluarkan.  Lalu minyak sisa menggoreng rempah tadi, digunakan untuk menggoreng ayam. Makanya cita rasa ayam tangkap unik. Selain gurih, juga ada rasa harum dan terasa otentik karena menggunakan rempah-rempah. 

 

3. Kuah Pliek U

Kuah Pliek U merupakan salah satu masakan Aceh yang bentuknya seperti gulai. Kuah pliek u ini biasanya disajikan dalam makanan sehari hari, juga disajikan saat acara-acara. Bahan dasar dari kuah pliek u ini adalah dasar ampas dari sisa minyak kelapa tua yang sudah melalui proses pemerasan minyaknya. Itulah yang disebut dengan “pliek” sedang “u” itu sendiri dalam bahasa aceh artinya buah kelapa. 

Kuah pliek u ini dilengkapi dengan banyak daun-daunan dan kacang-kacangan seperti misalnya daun buah melinjo, daun singkong, daun pepaya, kacang panjang, kacang tanah dan juga rebung. Tidak hanya itu, ada sayur sayuran-sayuran seperti kacang panjang, pepaya muda serta nangka muda. Ada juga yang menambah “chu”, sejenis siput yang hidup di sungai. Untuk menambah cita rasanya, juga diperlukan “asam sunti”, yakni belimbing wuluh yang sudah dikeringkan dengan kukusan garam. 

Jika ingin membuat pliek u, jangan lupa siapkan bahan-bahan halus lainnya seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, jinten, adas maupun ketumbar. Memang kuah pliek u ini memiliki cita rasa yang kuat karena ada begitu banyak bahan-bahan dasar alami. Kalau belum cobain, sepertinya kamu harus coba nih. Cita rasanya unik dan segar, ada rasa asem dan pedesnya. Enak banget dimakan pake nasi hangat ditambah dengan ikan balado. Wah, bisa bikin nambah terus..

 

4. Keumamah

Keumamah masakan aceh adalah sebutan untuk ikan kayu. Keumamah adalah masakan Aceh ikan tongkol. Keumamah dibuat dari ikan tongkol yang sudah dimasak dan dijemur hingga kering sehingga teksturnya menjadi keras dan kering. Ada beberapa teknik dalam memasak keumamah. Yang paling populer adalah tumis kerang basah. Menggunakan bumbu-bumbu dasar masakan Aceh juga  cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, batang serai, ketumbar, dan juga “asam sunti”, yang merupakan belimbing wuluh yang sudah dikeringkan.  Cita rasanya sangat unik, pedas, dan sedikit asam. Sajian keumamah enak disantap untuk makan sehari-hari. Juga kadang disajikan dalam acara-acara. 

 

5. Sie Reuboh

Sie reuboh merupakan bahasa aceh yang jika diartikan “daging rebus”. Namun pada kenyataannya, sie reuboh tidak hanya rebusan daging biasa. Sie reuboh memiliki bahan dasar dan utama daging yang dimasak dengan bumbu-bumbu khusus seperti cuka aren, dan bahan bahan utama masakan lainnya seperti bawang puting, bawang merah, garam, kunyit, cabai merah, cabai bubuk dan juga lengkuas. Cita rasa sie reuboh adalah gurih, pedas dan juga asam. Selain makanan sehari-hari, sie reuboh juga sering disajikan dalam acara-acara. 

Itu dia 5 Makanan Khas Aceh yang paling terkenal. Jika kamu ingin menyantap kuliner Aceh yang kaya rasa, kamu bisa mengunjungi warung aceh di Warung Aceh Jame, Kami tunggu kedatanganmu, ya!

Kami berada di alamat Jl. Duren Tiga Raya No.17, RW.7, Pancoran, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan.

 

Leave a Reply