You are currently viewing Kue Bhoi Khas Aceh, Oleh Oleh dari Aceh

Kue Bhoi Khas Aceh, Oleh Oleh dari Aceh

Kue bhoi merupakan kue bolu khas Aceh yang dibuat menggunakan cetakan yang memiliki bentuk ikan, binatang, bunga maupun loyang. Seringnya, kue bhoi menggunakan bentuk cetakan ikan. Tidak seperti bolu kebanyakan, kue bhoi berukuran kecil sehingga menjadi kudapan yang enak dimakan kapan saja. Kue bhoi khas Aceh ini biasa disantap dengan segelas teh hangat maupun kopi. Beberapa orang suka menyelupkan kue bhoi ke dalam teh maupun kopi. Rasanya nikmat sekali dimakan sambil bersantai atau untuk memulai hari.

Kue Bhoi Khas Aceh

Kue bhoi sama seperti bolu biasanya yang diolah dengan bahan utama tepung beras. Selain tepung beras, kue bhoi khas Aceh menggunakan telur bebek dan juga gula pasir. Namun, pergantian zaman, pembuatan kue bhoi mulai sedikit berubah karena menyesuaikan dengan lidah masyarakat. Bahan utama tepung beras kini diganti dengan tepung terigu, lalu telur bebek diganti dengan telur ayam. Alasan lainnya yang membuat beberapa bahan diganti adalah perbedaan stok bahan tidak sama seperti sebelumnya dan juga mengenai harganya. Karenanya, ada penyesuaian dalam pembuatan kue bhoi ini. 

Baca Juga : Resep Kue Basah Aceh

Namun, rasa yang dimiliki tetaplah sama. Tekstur kue bhoi sendiri terasa kering diluar, namun lembut di dalam. Hal itu dikarenakan kue dicetak menggunakan cetakan khusus yang terbuat dari kuningan. Sehingga bagian luar mengeras saat dipanggang menggunakan pemanggang. Untuk rasa, kue bhoi memiliki rasa yang manis. Salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan kue bhoi ini ialah gula. Penggunaan gula dalam kue bhoi juga membuat kue bhoi menjadi lebih awet dan tahan lama. Tidak seperti kue bolu kebanyakan, kue bhoi tidak menggunakan pewarna. 

Kue bhoi memiliki sejarah yang panjang. Konon, dulu kue bhoi merupakan makanan ningrat termasuk keluarga Sultan Iskandar Muda. kue bhoi menjadi hidangan khusus untuk para keluarga besar. Disajikan di dalam sebuah piring dengan bentuk ukuran bolu yang besar. Kue bhoi khas Aceh ini dulunya menjadi syarat sebuah adat dan keberadaannya tidak mudah ditemui. Beda dengan zaman sekarang, yang mudah sekali mendapatkan kue bhoi khas Aceh ini. Bahkan para perantau dari Aceh atau para turis yang berkunjung ke Aceh membeli kue bhoi sebagai oleh-oleh yang dibawa pulang ke tempat asal.

Kamu bisa membeli produk-produk Aceh dan kuliner khas Aceh di  google maps

Jl. Duren Tiga Raya No.66, RT.001, RW.001,    Pancoran, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12780

Ditunggu, ya!

Leave a Reply