You are currently viewing Cara Mudah Membuat Nasi Gurih Aceh Asli

Cara Mudah Membuat Nasi Gurih Aceh Asli

Nasi merupakan salah satu makanan pokok yang paling banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Karenanya, setiap hidangan lauk disajikan dengan nasi. Nasi sendiri tidak hanya diolah menjadi nasi putih biasa, ada banyak cara memasak nasi agar makin enak dan spesial. Seperti misalnya nasi gurih. Nasi gurih sendiri ada banyak cara untuk mengolahnya. Beberapa daerah memiliki perbedaan dalam mengolah nasi gurih. Seperti salah satu contohnya adalah nasi gurih Aceh yang memiliki ciri khasnya sendiri. 

Nasi gurih Aceh memiliki rasa gurih dan terasa lezat sekali apalagi jika disantap saat masih hangat dan dimakan beserta dengan lauk-pauk khas Aceh lainnya dan beberapa bumbu pendamping. Misalnya, nasi gurih dimakan dengan ayam tangkap, emping, kacang goreng, tempe balado, bawang goreng, dan sambal belacan untuk memperkaya cita rasa nasi gurih menjadi lebih lezat dan pedas. Lalu bagaimana cara membuat nasi gurih Aceh? Berikut Cara Mudah Membuat Nasi Gurih Aceh Asli :

Cara Mudah Membuat Nasi Gurih Aceh Asli

Bahan Utama :

  1. 3 gelas beras
  2. 130 ml santan 
  3. 3 butir kapulaga
  4. 3 butir cengkeh
  5. 3 siung bawang putih
  6. 2 butir bawang merah
  7. 2 lembar daun salam
  8. Air (secukupnya)
  9. 1 ruas kayu manis
  10. 1 batang serai (yang sudah di geprek)
  11. 1 lembar daun pandan
  12. ½ sendok teh kaldu bubuk
  13. ½ ruas jahe (yang sudah di geprek)
  14. ½ ruas lengkuas (yang sudah di geprek)
  15. Garam (secukupnya)

Baca Juga:  Resep Rujak Aceh, Rasanya Segar dan Khas

Langkah Pembuatan :

  1. Cuci bersih beras. Lalu siapkan rice cooker untuk memasak nasi gurih Aceh menjadi lebih praktis dan hemat waktu serta tenaga
  2. Siapkan wajan, lalu tumis bumbu iris, bumbu halus dan rempah-rempah hingga harum
    • bumbu iris : 1 bawang merah dan 1 bawang putih
    • bumbu halus : bawang merah, bawang putih yang dihaluskan menggunakan blender
    • rempah-rempah : kapulaga, cengkeh, daun salam, ruas kayu manis, batang serai, daun pandan, jahe, lengkuas
  3. Jika sudah, masukkan bumbu tersebut ke dalam beras yang sudah dimasukkan air dan santan yang sesuai takarannya di dalam rice cooker
  4. Aduk rata semuanya
  5. Lalu hidupkan rice cooker dan tunggu beberapa menit
  6. Jika rice cooker sudah berbunyi tanda sudah matang, nasi gurih sudah siap disajikan

Nasi Gurih Aceh juga cocok disajikan dengan pendamping lauk lain seperti ayam tangkap, udang goreng, atau telur rebus balado.  kamu bisa menyesuaikan dengan apa yang kamu suka. Nasi Gurih enak disantap untuk sarapan pagi. Tidak hanya sebagai nasi yang bisa dimakan sehari-hari, namun juga bisa disediakan sebagai makanan pokok utama pada acara-acara.

Makanan Aceh termasuk salah satunya Nasi Gurih Aceh dibuat menggunakan banyak rempah. Sehingga kebanyakan makanan Aceh memiliki citarasa yang berbeda, dan lezat tentunya. Jika kamu tinggal di Jabodetabek, tapi ingin mencicipi berbagai makanan khas Aceh. kamu bisa menikmatinya di Warung Aceh Jame yang beralamat di   Jl. Duren Tiga Raya No.17, RW.7, Pancoran, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan. Untuk memudahkan, kamu bisa menggunakan link google maps ini untuk penunjuk arah.

Leave a Reply