You are currently viewing Bumbu Masakan Aceh, Rahasia Kelezatan Kuliner Aceh

Bumbu Masakan Aceh, Rahasia Kelezatan Kuliner Aceh

Kuliner Aceh memiliki cita rasa yang khas. Hal itu salah satunya dikarenakan setiap masakan Aceh menggunakan rempah-rempah. Bahkan, hampir segala masakan menggunakan rempah-rempah untuk menambah cita rasa dan membuat aroma masakan menjadi harum alami. Ada beberapa bumbu-bumbu rempah yang sering sekali digunakan dalam setiap masalah. Bumbu-bumbu rempah tersebut menjadi salah satu rahasia kelezatan kuliner Aceh. lalu, apa saja bumbu rempah tersebut?

Bumbu Masakan Aceh, Rahasia Kelezatan Kuliner Aceh

Baca Juga : Cara Membuat Mie Aceh dan Bahannya

  1. Asam sunti merupakan salah satu bumbu yang paling dibutuhkan dan paling banyak digunakan saat memasak. Asam dari asam sunti ini memiliki daya tariknya sendiri dalam menciptakan rasa yang khas terhadap kuliner Aceh. 
  2. Daun Kari merupakan salah satu jenis rempah daun yang paling banyak digunakan. Biasanya daun kari atau “temurui” ini digunakan untuk banyak jenis makanan seperti misalnya pada ayam tangkap, gulai maupun masakan kari. Di Aceh sendiri, daun kari mudah sekali ditemukan. Bahkan banyak yang menanam daun kari sendiri di rumah. Daun kari tidak hanya membuat aroma masakan menjadi harum, namun membuat masakan menjadi lebih enak dan rasanya menjadi tidak lengkap saat tidak menggunakan daun kari. 
  3. Daun cengkeh merupakan bahan rempah yang biasa digunakan saat memasak masakan berkuah. 
  4. Cengkeh merupakan rempah-rempah lainnya yang digunakan untuk memasak masakan berkuah seperti kari. Tidak hanya cengkeh, namun juga perpaduan bumbu rempah lainnya seperti kapulaga, ketumbar, dan bumbu-bumbu lainnya
  5. Adas juga merupakan salah satu bumbu rempah yang sering digunakan dalam masakan Aceh
  6. Pekak dan atau juga yang disebut dengan bunga lawang merupakan salah satu bumbu rempah yang banyak digunakan dalam masakan Aceh. 
  7. Jintan merupakan rempah yang memberikan aroma yang harum yang sering dimasukkan ke dalam gulai maupun kari .
  8. Kapulaga putih yang memiliki bentuk bulat menjadi salah satu bumbu rempah yang digunakan dalam setiap masakan aceh. 

itu dia beberapa Bumbu Masakan Aceh, Rahasia Kelezatan Kuliner Aceh. Pastikan untuk menyediakannya ya. Kamu bisa menggunakan beberapa rempah-rempah diatas saat memasak masakan Aceh.  Untuk resep-resep masakan Aceh, kamu bisa baca artikel-artikelnya di https://warungacehjame.com/ 

Leave a Reply