You are currently viewing Cara Membuat Asam Sunti Aceh

Cara Membuat Asam Sunti Aceh

Masakan Aceh memiliki daya tariknya tersendiri. Makanan khas Aceh biasanya menggunakan banyak rempah-rempah dan bahan khusus. Salah satunya ialah Asam sunti . Asam sunti merupakan bumbu dapur Aceh yang menggantikan peran tomat dalam pembuatan beberapa masakan Aceh itu sendiri. Seperti misalnya, masakan masam keu eung, asam udang, maupun sambal. Asam sunti dibuat menggunakan belimbing wulih sebagai bahan utamanya. 

Tidak sulit untuk membuat asam sunti Aceh, kamu hanya perlu beberapa hari untuk berhasil mengolah asam sunti. Pastikan untuk tidak membuat di musim hujan, karena pengolahannnya membutuhkan terik matahari agar belimbing wuluh cepat mengering dan berubah menjadi asam sunti. 

Nah, untuk kamu yang ingin membuat asam sunti sendiri. Berikut cara membuat Asam Sunti Aceh:

Cara Membuat Asam Sunti Aceh

Bahan Utama :

  1. Belimbing wuluh  (yang masih segar)
  2. Air, secukupnya
  3. Garam, secukupnya

Baca Juga:  Resep Sambal Asam Udang

Alat yang dibutuhkan :

  1. Baskom 
  2. Kerangjang
  3. Alas jemuran 

Langkah Pembuatan:

  1. Ambil belimbing wuluh yang masih segar dan masukkan ke dalam baskom. 
  2. Masukkan air kedalamnya hingga semua belimbing wuluh terendam
  3. Rendam selama semalaman, lalu keesokan harinya tiriskan belimbing dan jemur seharian di atas alas yang tidak menyerap air 
  4. Angkat belimbing di sore hari lalu baluri belimbing dengan garam, dan jemur lagi keesokan harinya.
  5. Sama seperti hari sebelumnya, angkat saat sudah seharian terjemur dan baluri belimbing dengan garam 
  6. Lakukan hal yang sama di hari keempat hingga belimbing sudah benar benar kering, mengerucut dan berubah warnanya menjadi kecoklatan

Jangan lupa untuk menjemur belimbing wuluh dibawah terik matahari, dan jangan lupa untuk baluri garam secara merata saat belimbing diangkat. jika semua proses sudah selesai, simpan asam sunti dalam suatu wadah bersih. dan simpan di dalam ruangan. Asam sunti bisa digunakan dalam waktu yang panjang. Menggunakan asam sunti mampu menjadikan menu makanan menjadi spesial. bahkan telur dadar menjadi lebih enak jika menggunakan asam sunti. Bagaimana? Sudah siap mengolah asam sunti untuk mendapatkan salah satu rahasia kelezatan kuliner Aceh?

Kamu juga bisa mengunjungi waung Aceh Jame untuk mencicipi makanan khas Aceh yang menggunakan bahan dasar asam sunti dalam proses masaknya. Berikut alamatnya :

Jl. Duren Tiga Raya No.66, RT.001, RW.001,    Pancoran, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12780

atau kamu juga bisa menggunakan arahan google maps ke warung Aceh Jame!

 

Leave a Reply