You are currently viewing Makanan Khas Aceh Populer

Makanan Khas Aceh Populer

Makanan-makanan yang berasal dari Aceh biasanya memiliki cita rasa yang otentik, karena masakan-masakan Aceh itu sendiri menggunakan banyak rempah-rempah. Karenanya, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Makanan Khas Aceh Yang Paling Terkenal. Simak ulasannya sebagai berikut:

Makanan Khas Aceh Yang Paling Terkenal

1. Mie Aceh (Makanan Khas Aceh Yang Paling Terkenal)

Mie Aceh merupakan salah satu menu kuliner khas Aceh populer.  Mie Aceh memiliki keunikannya tersendiri dibanding mie lainnya. Keunikan dari Mie Aceh adalah mie nya itu sendiri, lalu bumbu-bumbu yang digunakan banyak menggunakan rempah. Sehingga rasanya khas dan otentik sekali. Mie Aceh disajikan dalam 3 jenis. Kamu bisa memilih Mie Aceh goreng, tumis maupun Mie Aceh basah. Walaupun bumbu yang digunakan sama, tapi ketiga jenis mie ini memberikan kesan yang berbeda. 

Baca Juga:  Cara Membuat Mie Aceh dan Cara Pembuatannya

2. Sambal Ganja

Sambal ganja bukanlah sambal yang menggunakan bahan ganja didalamnya. Kata ganja disematkan karena rasa sambalnya enak sekali sehingga siapa yang mencicipi sambal ganja ini akan merasa ketagihan. Sambal ganja itu sendiri adalah sambal yang dibuat dari beberapa bahan dengan bahan utamanya adalah udang dan menggunakan belimbing wuluh dan beberapa rempah-rempah yang membuat sambal ini tidak sekedar sambal pedas biasa. 

3. Ayam Tangkap

Ayam tangkap merupakan makanan khas Aceh yang paling terkenal, membuat orang yang menyantapnya memiliki pengalaman berbeda. Ayam tangkap disajikan dengan daun kari yang menutupi potongan-potongan ayam yang sudah digoreng. Itu juga menjadi alasan mengapa namanya ayam tangkap, karena ayamnya harus diambil dari daun kari yang menutupinya. Selain keunikannya, rasa ayamnya menjadi lebih gurih, dan harum. 

4. Gulee Sie Kameng (Gulai Kambing Makanan Khas Aceh Yang Paling Terkenal)

Gulee dalam bahasa Aceh artinya gulai. Sie Kameng itu sendiri berarti daging kambing. Gulee Sie Kameng memiliki rasa yang kuat dan khas. Lagi-lagi karena menggunakan banyak rempah-rempah dalam proses pembuatannya. Gulai ini juga menjadi menu spesial, karenanya di hari hari besar di Aceh, menu ini tak terlewatkan. Pada hari raya, kita juga bisa dengan mudah menemukan menu Gulee sie Kameng dalam acara makan keluarga. Walaupun proses pembuatannya tidak sebentar, namun cita rasanya membuat semua nya terbayar.

Baca Juga:  Resep Daging Masak Merah Aceh

4. Kuah Sie Itek (Kuah Daging Bebek)

Kuah Sie Itek menggunakan itik/bebek sebagai bahan utama pembuatannya. Sama seperti makanan Aceh lainnya, Kuah Sie Itek menggunakan banyak rempah-rempah dalam proses pembuatannya. Cita rasa kuah sie Itek selain pedas, memiliki rasa yang kaya karena rempah-rempah yang digunakan di dalamnya juga tak sedikit. 

5. Kuah Beulangong

Kuah beulangong merupakan masakan aceh yang berbentuk gulai. Menggunakan bahan utama daging kambing. Tidak hanya daging kambing, ada bahan tambahan lain yakni nangka muda dan pisang. Kuah beulangong menggunakan banyak rempah-rempah sehingga rasanya sangat khas dan kaya. Sangat nikmat untuk dimakan dengan nasi hangat. Di Aceh sendiri, Kuah beulangong ini bisa didapatkan dengan mudah setiap harinya. Kuah beulangong ini juga disajikan dalam acara dan perayaan besar di Aceh.

6. Ungkot Masam Keu-eung

Ungkot Masam Keu-eung jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti ikan masak asam pedas. Tekstur makanan ini ialah berkuah, rasanya asam, pedas namun juga gurih dan segar. Biasanya menggunakan ikan laut seperti ikan kakap, bawal, cakalang, manyung, kapok dan beberapa ikan lainnya.

Asam yang ada dalam Ungkot Masam keu-eung berasal dari “asam sunti”, yaitu belimbing wuluh yang dikeringkan dengan baluran garam. Sehingga, asam yang ada pada ungkot masam keu-eung terasa lebih khas. Jika dilihat sekilas, menu ungkot asam keu-eung ini seperti pindang palembang namun warna kuahnya lebih menonjol ungkot asam keu-eung. 

Semoga artikel ini menambah pengetahuan kamu mengenai kuliner Aceh. Jika kamu ingin mencoba Makanan Khas Aceh Yang Paling Terkenal, kamu bisa mengunjungi  Warung Aceh Jame, di  Jl. Duren Tiga Raya No.17, RW.7, Pancoran, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan.

 

Leave a Reply