You are currently viewing 3 Tarian Aceh Yang Paling Terkenal

3 Tarian Aceh Yang Paling Terkenal

Tarian tradisional merupakan salah satu kesenian yang sudah turun temurun dan menjadi budaya dalam masyarakat setempat. Indonesia sendiri memiliki berbagai jenis tarian tradisional. Di Aceh khususnya, ada 184 tarian tradisional yang ada di kota maupun kabupaten. Tarian Aceh yang paling terkenal adalah tari saman yang merupakan bagian dari warisan budaya. Selain tari saman, ada banyak tarian Aceh yang terkenal lainnya.

3 Tarian Aceh Yang Paling Terkenal

Berikut 3 Tarian Aceh Yang Terkenal:

  1. Tarian Likok Pulo

likok pulo - tarian aceh yang terkenal

Tarian likok pulo merupakan tarian yang berasal dari Desa Ulee Paya, desa yang terletak di kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar. Tarian likok pulo merupakan tarian  yang termasuk kedalam tari hiburan. Untuk melihat pertunjukan tarian likok pulo biasanya ada ketika upacara adat seperti saat perayaan perkawinan, atau seperti acara sunat rasul. Tarian likok pulo juga bertujuan sebagai nasihat maupun syair yang diucapkan oleh penari. 

Formasi tarian likok pulo ada pemain utama yang biasa disebut syeh yang duduk di tengah penari. Kemudian, ada dua penabuh rapa’i yang ada di sisi kiri dan kanan penari. Gerak tarian likok pulo sendiri hanya menggunakan tubuh bagian atas yakni badan, tangan dan kepala. Penari menggerakkan gerakan secara bersamaan dari mulai menggunakan tempo lambat hingga yang cepat. Tarian likok pulo merupakan tarian yang menyenangkan untuk ditonton.

2. Tarian Ranup Lampuan

ranup lampuan - tarian aceh yang terkenal

Tarian ranup lampuan merupakan tarian Aceh yang biasanya dilakukan untuk menghormati tamu. Ranup lampuan sendiri berarti sirih dalam cerana (tempat menaruh sirih pinang)/ tarian yang dilakukan oleh 7 penari wanita dan pengiring musik biasanya bisa kita temukan di acara-acara besar. Para penari akan memberikan ranup ke tamu undangan sesudah menari. 

Gerakan tari ranup lampuan sendiri adalah dominan dengan gerakan yang lemah lembut. Hal ini mencerminkan kesopanan dan ketulusan penari. Jika dilihat gerakan-gerakan tari ranup lampuan juga menunjukkan gerakan salam, gerakan memetik sirih lalu membersihkan sirih, menyapukan kapur, serta Memberi gambir dan pinang didalamnya dan diakhiri dengan memberikan ranup kepada para tamu undangan. 

3. Tarian Saman

tari saman - tarian aceh yang terkenal

Tari saman merupakan tarian yang dulunya dikembangkan oleh ulama Aceh yang bernama Syekh Saman. Tari saman  biasa ditampilkan di acara-acara adat, keluarga maupun pemerintah. Tidak hanya sebagai hiburan, tarian saman juga merupakan media untuk menyampaikan pesan maupun dakwah. Para penari saman bergerak secara bersamaan mengikuti irama. Gerakannya sinkron walaupun tempo berubah dari lambat menuju tempo cepat. Beberapa gerakan tari saman adalah bertepuk tangan, menepuk dada serta tanah, menjentikkan jari, mengayunkan tubuh serta memutar kepala secara bersamaan. 

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Aceh Besar Terbaru 2022

Ketiga tarian diatas merupakan Tarian Aceh Yang Paling Terkenal. Semuanya memiliki keunikan, makna dan gerakannya tersendiri. Walaupun tarian tradisional, namun tetap memukau untuk ditonton. Nah, mana yang Sahabat Warung Jame paling suka? 

 

Leave a Reply